makalah afghanistan sejarah asia selatan

MAKALAH
SEJARAH ASIA SELATAN
Tentang
REPUBLIK ISLAM AFGHANISTAN

Oleh Kelompok VIII:
APRINALDO : 410.201
CHANDRA : 410.160
RAPIATUNG MASARI : 410.110
RUSMAWARDI : 410.427

Dosen Pembimbing:
Dr. H. SAIFULLAH, SA, MA

JURUSAN TADRIS PRODI IPS – SEJARAH
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM BONJOL PADANG
1432 H/2011 M

MAKALAH
SEJARAH ASIA SELATAN
tentang
REPUBLIK ISLAM AFGHANISTAN

I. Pendahuluan
Afghanistan adalah sebuah Negara di Asia Tengah. Ia terkadang di golongkan sebagai bagian dari Asia Selatan dan Timur Tengah karena kedekatanya deng-an Plato Iran. Afghanistan berbatasan dengan Iran sebelah barat, Pakistan di Selatan Timur, Tajikistan, Turkmenistan, Urbekistan di Utara, dan Tiongkok di ujung timur. Afghanistan juga berbatasaan dengan Kashmir. Wilayah yang di persengketekan oleh India dan Pakistan.
Pada kurun waktu antara tergulingnya Rezim pemerintahan Talib pada 2001 dan Loya jirga ( sidang majelis Musyawarah Tardisionl) tahun 2004, dunia barat menyebut Negara ini dengan nama Negara Islam Transisi Afghanistan.
Luasnya sekitar 652. 225 km, berpenduduk sebanyak 16.922.000(1991) dan 29.928.987 ditahun 2005. Bahasa resmi Pushtu dengan ibukota Kabul dan mata uangnya Afghani.
II. Afghanistan sesudah Islam
Arti penting Afghanistan dalam sejarah islam dapat terlihat dari :
1. Perjuangan yang panjang untuk membentuk pemerintahan yang Islamiah
2. Banyaknya Ulama tingkat Internasinal yang lahir di negeri itu.
Islam masuk kenegeri Afghanistan sejak masuknya Asim bin Umar Attamimi pada masa Khalifah Umar bin Khattab pada masa pemerintahan Usman bin Affan, islam telah memasuki Kabul. Tahun 870 pengaruh islam telah mengakar di seluruh negeri ini, terutama di bawah futuhat (penakluk) Mahmud Gaznawi.
Bangsa Mongol di bawah Jengiz Khan menyerbu Afghanistan tahun 1219 waktu tentara Mongol menyerbu kota Bulkh dan Mizar Syarif, disana terdapat seribu sekolah agama dan dari sana banyak yang mengajar dan belajar di Bukhara.
Ketika Kerajaan Mongol mulai terpecah-pecah, muncul banyak kota yang berdaulat di Afghanistan. Sampai awal Abad ke 17 terjadi perperangan antar suku dan suku-suku bertikai baru dapat bersatu pertama kalinya tahun 1747 di bawah pimpinan Ahmad Syah Durrani. Perang suadara terjadi lagi 1819, dan berakhir pada tahun 1835 ketika Dost Muhammad Khan dapat menguasai Afghanistan dan menggangkat dirinya menjadi Emir.
Pada tahun 1878 – 1881 muncul Ekpedisi pertama Inggris, yang membuat peperangan menjadi berkobar. Sesudah Afghanistan menjadi semacam protektorat Inggris. Akibat mundurnya Inggris pada tahun 1919, Afghanistan menjadi negara yang merdeka penuh di bawah pimpinan Amanullah Khan. Pada tahun 1923 di sahkan suatu UUD, dan tahun 1925 Afghanistan dinyatakan sebagai kerajaan. Selama perang dunia I dan II, negeri ini netral.
Pada tahun 1991, Muhammad Zhair Syah naik sebagai raja. Semula pemerintahan di terima baik oleh masyarakat. Tahun 1953 Raja Zahir Syah menggankat sepupunya Muhammmad Daud menjadi perdana menteri, ia adalah kader komunis, Afghanistan telah jauh menyimpang dari ajaran islam sehingga mereka mulai bergerak dengan mebentuk organisasi. Maka muncullah perjuangan gabunagan mahasiswa muslim yang bernama Juana Muslim dan berganti nam pada tahun 1968 “Al- Jam’iah Al – Islamiayah” di bawah pimpiman Burhanuddin Rabbani. Pada masa selanjutnya Uni soviet semakin marah melihat perkembanagn islam itu. Pada tahun 1972, di bawah pengaruh uni soviet, Muhammmad Daud mengantikan Zhair Syah. Namun pada bulan April 1978 Daud terbunuh, maka naiklah Noor Taraki sebagai presiden. Ulama mengeluarkan fatwa untuk meng-utuk dan mengkafirkan taraki dan mewajibkan perang Jihad untuk menggulingkannya. Akhirnya Uni soviet memasuki Afghanistan 27 desember 1979 dengan membawa presiden bonekanya, Babrakan Karmal.
Selanjutnya para pejuang Mujahidin menggunakan taktik gerilnya. Pejuang Mujahidin semakin kuat ketika tahun 1983 kaum Mujahidin dari tujuh organisasi bergabung menjadi satu dengan anggaran dasar yang isinya :
• Nama organiasi “Persatuan Mujahidin Islam Afghanistan”
• Tujuan organisasi adalah menegakkan kalimat Allah SWT, memerdekakan Negara Afghanistan dari kekuasaan kafir dan komunis, dan mendirikan pemerintahan islam di Afghanistan, dan melarang semua bentuk kegiatan yang tidak islamiah.
• Dasar bertolak dari ayat Al – Qur’an yang artinya “kedaulatan menetapkan hukum hanyalah hak mulak Allah”.
Sebagai ketua dan tertinggi di angkatan Abdul Rabbani Rasul Saiyat. Perperangan memunjak tahun 1987 ketika Amerika Serikat dan Inggris memberi bantuan senjata. Uni soviet menderita kerugian besar.
Pada pertengahan februari 1989, Uni soviet menarik seluruh tentaranya dari Afghanistan. Langkah ini di ambil, selain karena tekanan internasional juga karena korban tentaranya dan kerugian materil.
Setelah pasukan uni soviet di tarik, dua hal pokok yang paling di rasakan penduduk sipil Afghanistan adalah ketiaadan pangan dan kurangnya jaminan keamanan. Sejak tahun 1987 pihak Mujahidin terus melawan pasukan pemerintah Najibullah karena pemimpin agama mengeluarkan fatwa bahwa Rezim itu adalah kafir dan mati dalam perperangan melawan Rezim ini berarti mati Syahid. Pada tanggal 12 april 1987, sekitar 20.000 pasukan Mujahidin menyerang kota Jalalabab dari tiga jurusan.
Pada tahun 1994 terjadi perselisihan yang tragis di mana para Mujahidin saling berselisihan antarsesama bangsa sendiri dan ini melahirkan beberapa panglima perang (Warlordism). Di saat itu 10.000 orang terbunuh di wilayah Kabul. Kelompok Taliban yang mendapat sokongan penuh dari Pakistan akhirnya berhasil merebut kekuasaan pada tahun 1996. Kelompok Taliban berhasil merebut 90% Negara ini kecuali timur laut Afghanistan yang di kuasai oleh “sekutu utara”. Sewaktu memerintah Afghanistan, mereka telah melaksanakan pemerintahan islam secara ekstrem walaupun belum sempurna sebagai Raja.
Pada akhir tahun 2001, pemimpin utama dari pihak oposisi Afghan mengadakan pertemuan di Bonn, Jerman untuk mendirikan pemerintahan baru. Hasilnya adalah pelantikan Hamid Karzai sebagai ketua Lembaga Internasional Afghan (AIA) pada bulan Desember 2001. Setahun kemudian pemilu Nasional di adakan dan Karzai di pilih sebagai Presiden.
III. Sejarah baru – baru (2001 sampai saat ini)
Selepas 2002, Taliban mulai kembali menyusun kekuatan sementara kekuatan aliansi pimpinan AS semakin di perluas ke anggotaanya. Sementara itu NATO memproyeksikan 2003, kontrol ISAF dan pemberontakan Afghanistan di mulai, yang di danai oleh komunitas internasional tetapi sebagian besar oleh USAID dan agen-agen AS yang lain. Negara dengan telah berangsur-angsur membangun sistem yang demokratis seperti : pemerintah, ekonomi, kesehatan, pendidikan, pertanian, transfor dan rekontruksi. ISAF juga telah memoderisasi dalam bidang tersebut teknologi dan pertanian.
NATO bersama angkatan – angkatan senjata Amerika Serikat melalui Army Corps Engineernya, melakukan perombakan dan memoderisasikan militer juga kepolisian. NATO dan Afghanistan melakukan banyak serangan – serangan melawan Taliban, tetapi seluruh operasi tersebut membuktikan mereka tidak mampu untuk benar – benar menghancurkan Taliban.
Pada konferensi internasional tentang Afghanistan di London tahun 2011, presiden Afghan Hamid Karzai berkata dia berniat untuk menangkap eleson teratas Taliban (termasuk Mullah Omar, Sirajuddin Haqqani dan Gullbuddin Hekmatyar). dan bulan berikutnya tenyata benar di tangkapnya, langkah ini justru menimbulkan reaksi yang sangat keras, di mana berbagai intensifikasi pengeboman – pengeboman militer, pembuhuhan – pembunuhan pejabat, pemerintah Afghanistan dan penyergapan – penyergapan pada afghan dan situs – situs militer NATO terjadi.
Pemerintahan Afghanistan sering menolak anggapan bahwa mereka melakukan negosiasi rahasia dengan Taliban dan bahwa dewan perdamaian karzai punya rencana perundiangan dengan mantan anggota Taliban Waheed Mojdeh yang terlibat akrab dengan Mullah Omar. Rencana perdamaian Karzaidi dukung oleh banyak tokoh Afghans, politikus – politikus Amerika pada gedung putih dan pimpinan militer senior, temasuk jendral David Petraeus yang menjadi Commander for ISAF dan US. Pada sisi lain banyak Afghan lain (termasuk kepala intelijen matan orang Afghan Amrullah Saleh) sangat skeptis tentang rencana ini dan melihat ia sebagai pengaruh Pakistan.
Menurut sebuah laporan oleh PBB Taliban bertanggung jawab atas 76% atas korban – korban sipil dalam 2009, antara 2002 dan 2010. Atas lama juta ekspatriat Afghan kembali dengan keahlian – keahlian baru dan modal. Afgahnistan tetap satu dari Negara termiskin dan berjuang dengan korupsi politik, produksi candu, dan pemberontakan Taliban tampa berhenti pada situasi mana sering tertuduh. US Secretary Of Minister Robert Gates, Stanley Mchrystal, David Petraeus, juga menuduh Iran mendukung Taliban meskipun iran punya hubungan – hubungan dengan kurang mersa dengan Taliban pada akhir 1990-an. Dalam 2010, US presiden Barack Obama menambah 30.000 tentara selama periode enam bulan dan mengusulkan bahwa dia akan mulai melakukan penarikan pasukan di 2012.
Sifat-sifat Bangsa Afganistan
Sifat-sifat utama bangsa Afghanistan adalah berani, mempunyai harga diri yang tinggi, menghormati saudaranya seagama, mudah bergaul, menghormati ulama, cerdas, sederhana. Tidak berlebihan bahwa bangsa ini adalah bangsa yang terjauh dari kerusakan moral sebagaimana dihinggapi oleh bangsa – bangsa muslim lainnya seperti terjauhnya Ikhtilat, minimnya sarana – sarana kemaksiatan (sebelum Invansi Amerika).
Mereka siap membela Islam yang telah dibuktikan dengan jihad panjang melawan Uni Soviet dan bonekanya. Sebuah pengorbanan yang jarang ada tandingannya bagi bangsa manapun ketika menghadapi penjajah, seperti: mengungsikan seluruh keluarganya yang tidak mampu berjihad ke Peshawar salah satu wilayah Pakistan, sementara kaum lelakinya naik turun gunung bergerilya terus melawan orang kafir. Mereka Ridho dengan berbekalkan beberapa potong roti, teh dan makan seadanya dalam jangka masa berminggu, bahkan berbulan-bulan.
Kelemahan Bangsa Afghanistan
Adapun kelemahan mereka ialah minimnya pengetahuan agamanya, lemahnya Tarbiyah, kebanggaan dengan suku-sukunya, susahnya disatukan dalam satu visi dan misi dalam menegakkah kalimatullahi fil ard dan inilah yang menjadi pemicu peperangan antara Burhanuddin Rabbani presiden yang disepakati dengan Qolbuddin Hikmatyar sebagai perdana menterinya, hal itu pula yang menyebab-kan bangkitnya Taliban dari madrasah – madrasah di Pakistan yang akhirnya mendongkel pemerintah resmi pengusir Uni Soviet tersebut.
Pemerintahan, politik dan pemilihan partai politik
Sejarah politik di Afghanistan di hiasi oleh berbagai pejuang – pejuang yang haroik, kudeta – kudeta berdarah dan gontah – ganti pemerintahan yang berumur pendek, dengan pengecualian satu juta militer , Negara ini telah di atur oleh hampir semua sistem pemerintahan mulai dari kerajaan republik, teokrasi, dan Negara komunis. Konstitusi baru diratifikasikan oleh Jirga Loya (Majlis Nasional Agung) tahun 2003 yang menetapkan pemerintahan sebagai satu repu -blik islam yang terdiri dari tiga cabang, kekuasaan, eksekutif, legislative dan yudikatif yag sesuai dengan hukum islam.
Tahun 2004 dilakukan pemilihan presiden oleh Afghan yang berjalan relative aman dimana Hamid Karzai menang dengan 55.4% dari pemilihan suara. Akan tetapi 2009, pemilihan presiden di golongkan sebagai kurang aman dan kredibel, partisipasi pemilihan rendah dan kecurangan pemilihan besar. Pada bulan Agustus 2009, dilakukan pemilihan presiden bersamaan dengan pemilihan – pemilihan untuk 420 kursi dewan provinsi, tetapi mengalami kebuntuan politik karena adanya salah perhitungan dan penipuan pemilihan. dan tanggal 7 november di lakukan pemilihan babak kedua dengan adil dan saling terbuka.
Kebudayaan
Afghanistan mempunyai peningalan sejarah yang berhasil di selamatkan, salah satunya dalam aneka budaya dan bahasa serta monument – monument bersejarah. Buzkhazi adalah salah satu olaraga nasional di Afghanistan. Ia serupa dengan polo dan bermain bersama kuda tunggangan dalam dua tim – tim, masing – masing berusaha untuk merebut dan memegang satu bendatertentu atau karkas kambing. Meskipun tingkat kemeletan huruf orang afghan sangat rendah, puisi klasik orang Iran sandiwara – sandiwara memainkan satu peranan sangat penting dalam kebudayaan Afghan. Puisi selalu menjadi satu dari pilar – pilar pendidikan ulama di Iran dan Afghanistan di tingkat yang ia telah integrasikan dirinya alam kebudayaan .

DAFTAR PUSTAKA

• Saifullah, 2010. Sejarah dan Peradaban Asia Selatan. Padang :
• Amir F. Hidayat, Abdurrasyd, 2006. Ensiklopedi Negara – Negara di dunia. Jakarta : CV. Pustaka Grafika
• Taher, Tarmizi, 2001. Ensiklopedi Islam Jilid I. Jakarta : PT. Icthiar Baru Van Hocve
http://www.geogle.com 2011, bersama Ustadz DR. Muqodam Cholil “ kajian dunia islam” by: Masjidalamanah,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s